Pengaruh Perceived Organizational Menurut Menang789

Pengaruh Perceived Organizational Menurut Menang789

Analisis Menurut Menang789Perceived Organizational Support (POS) adalah konsep yang fokus pada bagaimana karyawan memahami apakah organisasi mereka menghargai kontribusi dan peduli terhadap kesejahteraan mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, POS telah menjadi topik yang sangat penting dalam bidang organisasi dan psikologi kerja. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengaruh POS terhadap karyawan, serta beberapa contoh aplikasi dan penerapan praktisnya.Pengaruh Perceived Organizational Menurut Menang789

Pengertian Dukungan Organisasi yang Dirasakan

Perceived Organizational Support (POS) dapat didefinisikan sebagai tingkat di mana karyawan yakin bahwa organisasi mereka menghargai kontribusi dan kepedulian mereka terhadap kesejahteraan mereka. Menurut Eisenberger dkk. (2002), POS dipengaruhi oleh berbagai aspek perlakuan karyawan oleh organisasi, seperti penghargaan yang adil, partisipasi dalam pengambilan keputusan, dan pengawasan yang suportif.

Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Karyawan

POS telah ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karyawan. Salah satu contohnya adalah dalam meningkatkan kepuasan kerja. Menurut Robbins dan Judge (2008), karyawan yang merasa organisasi mereka cenderung memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi. Selain itu, POS juga dapat meningkatkan motivasi kerja dan loyalitas karyawan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Krishnan dan Mary (2012), menemukan bahwa POS memiliki hubungan yang positif dengan motivasi kerja dan loyalitas karyawan.

Contoh Aplikasi dan Implikasi Praktis

Dalam beberapa tahun terakhir, POS telah menjadi topik yang sangat penting dalam bidang organisasi dan psikologi kerja. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi dan penerapan praktis POS:

  1. Penghargaan yang Adil : Menyajikan penghargaan yang adil dan berdasarkan prestasi karyawan dapat meningkatkan POS. Contohnya, organisasi dapat memberikan penghargaan yang sesuai dengan prestasi karyawannya, seperti bonus atau promosi.
  2. Partisipasi dalam Pengambilan Keputusan : Meningkatkan partisipasi karyawan dalam pengambilan keputusan dapat meningkatkan POS. Contohnya, organisasi dapat membentuk tim kerja yang terdiri dari karyawan dan manajemen untuk membuat keputusan yang lebih efektif.
  3. Pengawasan yang Suportif : Meningkatkan pengawasan yang mendukung dapat meningkatkan POS. Contohnya, organisasi dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang lebih baik kepada karyawan, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas.

Kesimpulan

Perceived Organizational Support (POS) adalah konsep yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan kerja, motivasi kerja, dan loyalitas karyawan. Dalam beberapa tahun terakhir, POS telah menjadi topik yang sangat penting dalam bidang organisasi dan psikologi kerja. Dengan meningkatkan POS, organisasi dapat meningkatkan kualitas kerja dan meningkatkan prestasi karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *